PEMBINAAN KARAKTER SISWA KELAS VII,VIII,IX

Training Pembinaan Karakter

Siswa Kelas VII,VIII, dan IX Mts N seyegan

Untuk membangun sebuah bangsa yang hebat harus diawali dengan membangun karakter pelajarnya sejak usia dini, sehingga kedepannya akan terbentuk generasi penerus bangsa yang cerdas spiritual, cerdas emosional, cerdas sosial, dan cerdas intelektual.

Terdapat beberapa karakter buruk pelajar yang mengkhawatirkan dan perlu segera diantisipasi dengan cerdas tanpa meremehkan maupun menyakiti. Karakter buruk tersebut seperti:

  • Tidak mengormati dan memberontak pada orang tua dan guru.
  • Lesu dan kurang bergairah dalam belajar karena Konflik anak dengan teman, Konflik anak dengan orang tua/guru (bermasalah dengan teman, guru maupun permasalahan keluarga)
  • Malas, kurang inisiatif, daya juang rendah
  • Tidak fokus, sinis dan apatis, minim gairah belajar
  • Tidak sopan pada yang lebih tua
  • Tidak bertanggung jawab terhadap tugas
  • Was-was dan merasa selalu sial dalam menghadapi test atau ujian
  • Kurang percaya diri dan minder
  • Kecanduan game online
  • Merokok, narkoba, alcohol
  • Pergaulan bebas
  • Oleh sebab itu, siswa perlu diperkenalkan dengan berbagai perilaku positif dan dipraktekan dalam kehidupan sehari-harinya. Agar diperoleh hasil yang baik, “pembentukan karakter” harus dirancang untuk diberikan kepada siswa yang sudah mulai banyak bersosialisasi, baik secara intern di sekolah maupun ekstern dengan masyarakat.

Pendidikan karakter pada siswa adalah pembiasaan nilai moral, luhur kepada siswa serta membiasakan mereka dengan kebiasaan yang sesuai dengan karakter kebangsaan, adapun indikator pendidikan karakter bangsa untuk diterapkan pada karakter siswa adalah sebagai berikut :

  1. Religius adalah sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya dan toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, serta hidup rukun dengan pemeluk agama lain.
  2. Jujur,adalah perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan,tindakan dan pekerjaan.
  3. Toleransi adalah sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat dan tindakan orang lain yang berbeda
  4. Kegiatan pembinaan karakter ini dilaksanakan berdasarkan Program Madrasah terutama Program Kerja Bimbingan Konseling dan Kurikulum Mts Negeri Seyegan dan Kalender Pendidikan.

Kegiatan Training Pembinaan Karakter ini dilaksanakan  selama dua hari, hari senin 6 April 2015 jam 07.30-08.30 untuk kelas VII dan jam 10.00-12.30 untuk kelas VIII sedangkan hari Jumat 10 April 2015 untuk Kelas IX.

Hasil yang dicapai siswa perlu diperkenalkan dengan berbagai perilaku positif yang dipraktekkan dalam keseharian, dan agar diperoleh hasil yang baik “pemebntukan karakter” harus dirancang dan diberikan kepada siswa yang sudah mulai banyak bersosialisasi, baik secara inetrn di sekolah maupun ektren dimasyarakat, karena membentuk karakter itu berlangsung seumur hidup, dan dalam pembentukan karakter ada tiga hal yang berlamgsung secara terintegrasi, pertama seorang siswa  mengerti baik dan buruk, ia mengerti tindakan apa yang diambil serta mampu memberikan prioritas hal2 yang baik, kedua ia mempunyai kecintaan terhadap kebijakan dan membenci perbuatan buruk. Ketoga siswa dalam lingkungnannya mampu melakukan hal-hal kebijakan dan terbiasa melakukannya.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: